.

Rabu, 27 Juni 2012

Rachel Littler Bodley


Rachel Littler Bodley, perintis Kimia Rumah Tangga

Ditulis oleh Diah FI pada 26-07-2009
rachel-littler-bodleyPada tahun 1865, Rachel L. Bodley ditunjuk sebagai profesor wanita kimia pertama di Woman’s Medical College (Kampus Medis Putri) di Philadelphia. Ia tetap di posisi hingga tahun 1873 ketika dia menjabat sebagai dekan kampus. Salah satu kontribusi besarnya adalah publikasi data karir wanita yang lulus dari WMC pada tahun 1881, yang berjudul “The College Story”. Hal ini merupakan langkah pertama pengenalan kepada publik mengenai konsep peranan wanita sebagai daya penelitian sains profesional. Sebagai seorang mentor, Rachel Brodley mendukung wanita muda yang mengikuti pendidikan di WMC hingga masa pasca sarjana.
Lahir pada tanggal 7 Desember 1831 di Cincinnati, Ohio, Rachel L. Bodley adalah putri tertua dari Anthony Bodley dan Rebecca Talbot Bodley. Ia lulus dengan gelar B.A dari universitas putri Wesleyan (Wesleyan Female College) pada tahun 1849 dan langsung ditawarkan posisi dosen. Dari tahun 1860 hingga 1861, ia mengikuti pendidikan di Fakultas Politeknik di Philadelphia untuk mempelajari kimia dan fisika. Pada tahun 1862, ia kembali ke Wesleyan sebagai dosen ilmu sains alam. Ia pindah ke Philadelphia  pada tahun 1865 untuk memulai karirnya di WMC.
Selama masa baktinya, Rachel L. Bodley mengumpulkan dan mengklasifikasikan spesimen tanaman, dan pada tahun 1865 mempublikasikan buku yang mengandung katalog tanaman lengkap dalam herbarium Joseph Clark.
Rachel L. Bodley dipilih sebagai anggota Akademi Ilmu Sains Alam Philadelphia pada tahun 1871 dan Akademi Sains New York pada tahun 1876. Sesaat setelah menjadi anggota Institut Franklin pada tahun 1880, Prof. Brodley memberikan serangkaian kuliah mengenai “kimia rumah tangga” di Institut, dan menjadi wanita pertama yang diundang untuk melakukan hal tersebut. Ia juga sangat tertarik untuk masalah pendidikan; ia terpilih dua kali sebagai direktur sekolah negeri 29 Philadelphia.
Pada tahun 1876, ia terpilih sebagai anggota sementara American Chemical Society (himpunan Kimia Amerika), dengan alasan penelitiannya dalam perayaan keseratus untuk menghormati penemuan oksigen oleh Jason Priestley. Akhirnya ia berhenti dari keanggotaannya di ACS sebagai protes pada saat makan malam pada tahun 1860 di Boston, di mana wanita dilarang berpartisipasi dan sesudah “Chemistryfestivities” yang menampilkan lagu-lagu dan sajak bermakna anti perempuan.
Rachel L. Bodley menerima gelar A.M kehormatan dari almamaternya Universitas Putri Wesleyan, dan gelar M.D kehormatan dari WMC.
Rachel L. Bodley wafat karena serangan jantung pada tanggal 15 Juni 1888 di Philadelphia.