.

Rabu, 27 Juni 2012

Marye Anne Fox


Marye Anne Fox, dari peneliti hingga konselor universitas

Ditulis oleh Diah FI pada 12-07-2009
marye-anne-foxMarye Anne Fox memulai karir penelitian di Universitas Texas, Austin pada tahun 1976 sebagai asisten profesor dalam kimia organik. Penelitiannya menyimpang dari jurusannya, yakni terfokus pada fotokimia organik dan elektrokimia. Grup penelitiannya adalah yang pertama menguji reaksi organik permukaan melalui teknik  lensa  kimia organik fisik. Ia mempublikasikan hampir 400 paper pada jurnal ilmiah.
Lahir pada tahun 1947 di Canton, Ohio, Marye Anne Fox mendapatkan gelar B.S dalam bidang kimia dari kampus Notre Dame (1969), dan gelar M.S. dari Universitas Cleveland (1970) dan gelar Ph.D. dalam kimia organik dari Universitas Dartmouth (1974). Setelah mendapatkan gelar doktornya, ia menerima beasiswa post doktoral selama dua tahun di Universitas Maryland.
Di Universitas Texas, Austin, Marye Anne Fox ditunjuk sebaghai profesor sepenuhnya dalam kimia organik dan dijuluki Professor Rowland Petit ke 100. Dari tahun 1994-1998, ia menjabat sebagai wakil direktur untuk penelitian. Pada tahun 1998, ia menerima posisi konselor Unveritas Carolina Utara, dan menjadi konselor kampus ke 12 dengan nama Professor Kimia Universitas yang Berbeda. Ia menetap di Carolina Utara hingga tahun 2004 ketika ia menjadi konselor Universitas Kalifornia, San Diego.
Marye Anne Fox masih aktif dalam penelitian selama karirnya meski ia menjabat di posisi administrasi. Ia sangat aktif dalam masalah kebijakan dan aktivitas  komunitas lainnya. Ia adalah anggota Akademi Sains Nasional  dan Himpunan Filosofi Amerika.
Marye Anne Fox menerima banyak penghargaan, termasuk Medali Garvan (1987), penghargaan Arthur C. Cope (1987), dan Penghargaan Charles Lathrop Parsons untuk pelayanan publik yang memuaskan (2005)