.

Selasa, 26 Juni 2012

Darleane C. Hoffman


Darleane C. Hoffman, Kimiawati ahli Kimia Nuklir

Ditulis oleh Diah FI pada 25-10-2009
darleane-c-hoffmanDarleane C. Hoffman, seorang ahli kimia nuklir, diberi penghargaan Medali Priestly yang prestisius oleh Himpunan Kimia Amerika (American Chemical Society) pada bulan Maret 2000, “Sebagai pengakuan atas kerja pionir yang dilakukannya selama hampir 50 tahun”. Pada saat penghargaan ini diumumkan, grup penelitian yang ia pimpin dengan Kenneth Gregorich dan Heino Nitsche di Laboratorium Lawrence Livermore di Kalifornia, telah membuat unsur bermassa berat 118,116 dan 114.
Darleane dilahirkan pada tanggal 8 November 1926 di Terril, Iowa. Ia dan kakak laki-lakinya, Sherril, adalah anak-anak dari Carl dan Elverna Christian. Setelah menyelesaikan SMU, ia melanjutkan ke Kampus Iowa (sekarang dikenal sebagai Universitas Sains dan Tekhnologi Iowa) . Ketika belajar kimia dari Nellie Naylor, ia beralih jurusan dari seni terapan ke kimia Naylor adalah guru yang menginspirasi dan berbakat. Darleane lulus dengan gelar B. S dalam bidang kimia pada tahun 1948. Ia menetap di Iowa untuk pascasarjananya, dan mendapatkan gelar Ph.D. dalam bidang kimia pada tahun 1951. Tak lama kemudian, ia menikah dengan rekan pasca sarjananya, Marvin Hoffman.  Ketika Marvin menyelesaikan tesis Ph.D.nya, Darleane pergi berkerja di Laboratorium Nasional Oak Ridge. Pada tahun 1952, Marvin menerima jabatan di Laboratorium Nasional Los Alamos. Darleane pun menyusul ke sana pada tahun 1953. Darleane dan Marvin Hoffman memiliki dua anak, Maureane, lahir tahun 1957, dan Daryl, lahir tahun 1959. Maurean adalah seorang profesor di Sekolah Kedokteran Universitas Duke, dan Daryl adalah ahli bedah di Palo Alto, Kalifornia.
Darleane Hoffman bekerja di Los Alamos selama 31 tahun, khususnya dalam meneliti unsur baru dan isotop dari sisa-sisa pengujian nuklir. Ia juga mempelajari reaksi fisi spontan isotop fermium yang diketahui, yang diisolasi dari sisa-sisa tersebut. Ia menerapkan keahliannya pada masalah migrasi nuklida pada lingkungan, yang mengarah kepada pengembangan Proyek Gunung Yucca, sebuah tempat penyimpanan bawah tanah untuk llimbah nuklir.
Pada tahun 1984, Hoffman diterima sebagai profesor dalam departemen kimia Universitas Kalifornia, Berkeley. Secara bersamaan, ia menjadi ketua Grup Nuklir Unsur Berat dan Radiokimia di Divisi Sains Nuklir. Hoffman pensiun pada tahun 1991, tapi telah melanjutkan penelitian unsur berat dengan aktif di Laboratorium Nasional Lawrence Berkeley dan bersama lembaga lain seperti Institut Glenn T. Seaborg untuk Sains Transuranium, yang ikut didirikannya. Ia telah mendapat penghargaan prestisius dalam bidang kimia; Medali Garvan pada tahun 1991, Medali Sains Nasional tahun 1997, dan penghargaan ACS untuk Kimia Nuklir (satu-satunya wanita yang menerima penghargaan ini). Ia telah menerbitkan buku berjudul The Transuranium People : The Inside Story (Cerita di balik Kisah orang-orang Transuranium), yang ia awasi bersama Seaborg dan Ghiorso.