.

Selasa, 26 Juni 2012

Joyce Jacobson Kaufman


Joyce Jacobson Kaufman, sejak kecil ingin menjadi kimiawati

Ditulis oleh Diah FI pada 20-09-2009
joyce-jacobson-kaufmanJoyce Jacobson Kaufman dilahirkan pada tanggal 21 Juni 1929, anak dari Robert dan Sara (Seldin) Jacobson, yang bercerai.  Joyce anak yang dewasa terlalu cepat, yang tahu bahwa ia ingin menjadi seorang ahli kimia pada usia delapan tahun setelah membaca biografi Marie Curie. Ia adalah seorang murid yang berbakat dalam matematika dan sains. Ia bersekolah untuk murid luar biasa, yang mana ia lulus dengan peringkat ketujuh dari 300 murid dalam satu kelas.
Di Universitas John Hopkins, Clark Bricker memberi Jacobson sebuah kesempatan untuk melakukan penelitian analisis kuantitatif ketika ia masih mahasiswi baru. Walter S. Koski, profesor kimia fisikanya, juga membimbingnya. Sebelum lulus, ia menikah dengan Stanley Kaufman, seorang insinyur. Ia lulus pada tahun 1949 dengan gelar B.S. dalam bidang kimia dengan terpuji. Dua tahun berikutnya, Joyce Kaufman bekerja sebagai pustakawan di Pusat Kimia Tentara (Army Chemical Center) dan pada tahun 1950, ia menjadi ahli kimia peneliti di sana. Pembimbingnya, Walter S. Koski, mengundang Kaufman kembali ke Universitas John Hopkins untuk bekerja pada sebuah proyek penelitian dengannya, dan pada tahun-tahun berikutnya, akhirnya membujuknya Kaufman meraih gelar Master (1959) dan Ph.D. (1960) dalam bidang kimia fisika. Sebagai tambahan, ia mendapatkan gelar D.E.S. dalam fisika teoretis dari Sorbonne (1963). Sementara itu, Joyce dan suaminya Stanley memiliki seorang putri, Jan Caryl, lahir pada tanggal 24 Juni 1955. Selama bertahun-tahun, Jan telah ikut bepergian dengan ibunya pada konferensi ilmiah di seluruh dunia.
Dr. Kaufman menerima jabatan sebagai ahli sains dalam grup kimia kuantum pada tahun 1960 di Institut Penelitian Perusahaan Martin untuk Studi Lanjutan. Selanjutnya ia menjadi peneliti staf dan kemudian menjadi keuta grup. Dr. Kaufman meneliti tentang kalkulasi kimia kuantum ab-initio pada molekul poliatomik seperti senyawa diboran. Setelah itu, ia menerapkan perhitungan kuantum pada senyawa obat dan molekul biologi. Pada tahun 1972, ia memperkenalkan konsep topologi konformasi dan menerapkannya pada molekul biomedis. Kaufman mempublikasikan paper yang dikenal pada tahun 1980, yang mana ia menggambarkan metode teoretis baru untuk sistem kode dan mengambil kembali hidrokarbon karsinogenik tertentu. Ia diundang oleh NSF untuk menggunakan superkomputer CRAY XMP (1985) dan YMP (1989) di Pusat Superkomputer San Diego.
Sejak tahun 1969, Kaufman telah mengadakan pertemuan dalam departemen kimia dan sekolah kedokteran di Universitas John Hopkins. Sebagai tambahan untuk rekanan pasca doktoral dan membedakan ahli sains tamu, Kaufman memiliki sepuluh mahasiswa sarjana yang bekerja dalam grup penelitiannya. Hubungan dengan mahasiswanya sangat luarbiasa; ia memberi inspirasi untuk mereka.
Sering diundang pada sejumlah besar konferensi internasional dan institut ilmiah, Kaufman juga mendapat sejumlah penghargaan. Ia mendapat Medali Garvan pada tahun 1974 oleh Himpunan Kimia Amerika (American Chemical Society), Medali Emas Perusahaan Martin untuk penyempurnaan Ilmiah yang Luar Biasa (1964, 1965, 1966) dan dipilih oleh Himpunan Amerika untuk Farmakologi dan Terapi eksperimen. Dr. Kaufman juga memberikan telaah konsultasi untuk penerbit buku dan jurnal ilmiah.