.

Rabu, 27 Juni 2012

Mary Letitia Caldwell


Mary Letitia Caldwell, model wanita karir dalam bidang kimia

Ditulis oleh Diah FI pada 28-06-2009
Mary Letitia Caldwell menerima penghargaan Medali Garvan pada tahun 1961 untuk hasil penelitian mengenai sifat-sifat enzim, dan pengembangan metode untuk pemurnian enzim. Dia dilahirkan pada tanggal 18 Desember 1890 di Bogota, Kolombia, saudara sari Milton Etsil dan Susanna Adams Caldwell, misionaris Amerika. Caldwell bersekolah SMU di Amerika Serikat dan lulus dengan gelar sarjana dari Unviersitas Western untuk Wanita di Oxford, Ohio pada tahun 1913. Ia tetap di sana dan bekerja sebagai instruktur dan asisten profesor hingga tahun 1918.
Setelah memperoleh kedua gelas M.A dan Ph.D. dalam bidang kimia dari Universitas Kimia, Mary Caldwell menetap sebagai anggota fakultas senior di departemen kimia Universitas Columbia pada tahun 1921, dan mencapai jabatan profesor penuh pada tahun 1948. Dia adalah satu-satunya anggota fakultas senior wanita di departemen kimia saat itu.
Pada pekerjaan awalnya meneliti enzim, Caldwell membutuhkan sampel yang lebih murni daripada produk yang berada di pasaran. Hal ini membuatnya mengembangkan prosedur standar untuk memurnikan enzim, seperti amilase pankreas babi. Sebagai tambahan, grup penelitiannya memastikan bahwa enzim tergolong protein. Untuk penemuannya yang menjadi pionir ini, Mary Letitia Caldwell diberi penghargaan Medali Garvan oleh American Chemical Society (Himpunan Kimia Amerika).
Mary Caldwell adalah model wanita yang sangat kuat dalam mengejar karir dalam bidang kimia; bahkan sebagian besar mahasiswanya dan rekanannya adalah wanita. Ia mempublikasikan lebih dari 50 paper penelitian dan membimbing 18 mahasiswa pascasarjana mengambil gelar Ph.D.
Setelah pensiun dari Universitas Columbia pada tahun 1959, Mary Letitia Caldwell tinggal di Fishkill, NewYork, di mana ia wafat pada 1 Juli 1972.