.

Rabu, 27 Juni 2012

Lejaren Hiller


Lejaren Hiller, Seorang Ahli Kimia sekaligus Seorang Musisi

Ditulis oleh Irwan Nugraha pada 11-03-2008
Lejaren Hiller dilahirkan di New York City pada tanggal 23 Februari 1924. Ayahnya lebih dikenal sebagai fotografer yang mengkombinasikan seni dengan sains. Dia menyusun upacara wisuda sekolah menengah atasnya pada tahun 1941. Selama di sekolah menangah atas, dia belajar memainkan piano, klarinet dan saksofon dan menunjukkan ketertarikannya di bidang musik dan kimia. Dia belajar kimia di Princeton University mendapatkan gelar BA tahun 1944, MA pada 1946 dan Ph. D. Tahun 1947. Tesisnya berjudul, Struktur Kimia Selulosa dan Pati. Pada 1958, di memperoleh gelar M.Mus di University of Illinois, Urbana, IL.
Pada tahun 1947, dia melanjutkan penelitiannya mengenai sifat kimia selulosa di DuPont, Waynesboro, VA. Sementara itu, dia juga melanjutkan ketertarikannya pada bidang musik dengan menggubah beberapa lagu. Pada tahun 1952, dia bergabung ke Departemen Kimia University of Illinois di Urbana-Champaign. Dia menjadi Asisten Profesor di School of Music pada tahun 1958. Setahun kemudian, dia mendirikan dan memimpin Electronic Music Studio. Pada tahun 1961, dia dipromosikan menjadi Associate Profesor di School of Music, dan tiga tahun kemudian dia menjadi profesor. Pada tahun 1968, dia menjadi Frederick B. Slee Professor of Composition di State University of New York, Buffalo. NY. Dia menjabat Adjunct Professor of Science di SUNY pada tahun 1970 dan 1980, dia ditetapkan sebagai Birge-Cary Professor of Music.
Di DuPont, dia memperoleh paten suatu zat warna yang digunakan untuk pewarna serat akrilik seperti Orlon. Pekerjaan baru di bidang kimia polimer bersama Fred Wall di University of Illinois memperkenalkannya pada Illiac computer, yang mana dengan Illiac computer ini dia melakukan kalkulasi Monte Carlo untuk konformasi polimer. Dia bekerjasama dengan Leonard Isaacson, mahasiswa tingkat sarjana, yang juga bekerja sama dengan Wall group, untuk mengajarkan Illiac untuk menggubah musik. Dengan menggunakan teknik Monte Carlo untuk memilih nada dan aspek musik yang lain, dia mengaplikasikan aturan yang kompleks untuk menetapkan suatu musik yang cocok. Dia menulis buku teks kimia bersama Rolfe H. Herber dari Rutgers University tahun 1960.
Dia menikahi Elizabeth Hasley pada 18 April 1945 di Elkton, MD. Dia memiliki dua anak, satu anak perempuan, Amanda, dan satu anak laki laki, David. Dia meninggal pada tanggal 26 Januari 1994 di Buffalo.