.

Rabu, 27 Juni 2012

Helen Murray Free


Helen Murray Free, revolusioner diagnostik diabetes

Ditulis oleh Diah FI pada 17-05-2009
helen-murray-freePenelitian Helen Murray Free dalam kimia klinis tidak hanya merevolusi pengujian diagnostik di laboratorium tapi juga di rumah. Ia mengembangkan pereaksi kering untuk pengujian analisis urine sebagai tes glukosa “celup dan baca” untuk para penderita diabetes yang bisa digunakan di rumah. Free dan suaminya, Albert , mendampingi Urinalisis dalam raktik Laboratorium pada tahun 1975, yang menyisakan standar prosedur di lapangan. Karena manfaat yang luar biasa dari hasil penelitiannya, Free telah mendapat banyak penghargaan, termasuk Medali Garvan (1970), Penghargaan Chicago Honor Scrollbab AIC (1967), Penghargaan Yayasan Kilby (1996), pada tahun 2000, dia diajukan pada Hall of Fame Penemu Nasional.
Selama karirnya, Helen Murray Free telah menjadi pengacara edukasi sains yang aktif. Dri tahun 1987 hingga 1992, ia mengetuai Kekuatan Tugas Mingguan Kimia Nasional Himpunan Kimia Amerika (ACS). Pada tahun 1993, ia terpilih sebagai presiden ACS. Oleh karena penelitiannya yang luar biasa dalam pendidikan sains publik, ACS mendirikan Penghargaan Helen Murray Free pada tahun 1995. Helen Murray Free adalah penerima pertama.
Helen Murray dilahirkan pada tanggal 20 Februari 1923, anak dari Daisy Piper dan James Summerville Murray di Pittsburgh, Pensilvania. Pada tahun 1941, ia lulus dari SMU Poland (Ohio), sebagai pembaca pidto perpisahan. Selanjutnya ia pergi ke Unviersitas Wooster, di mana ia lulus dengan gelar B.S di bidang kimia pada tahun 1944. Pada tahun yang sama, ia menerima jabatan sebagai ahli kimia pengontrol Alka Seltzer di Miles,Inc. (yang kemudian menjadi Bayer). Ia bekerja dengan menjalin kerjasama dan sekarang ia adalah Konsultan Relasi Profesional dalam Divisi Diagnostik. Free juga telah diberi penghargaan tujuh hak paten untuk penemuan tes diagnostik kliniknya.
Di saat awal di Miles, Helen berkolaborasi dengan ahli biokimia Alfred Free dan kemudian mereka mendampingi penerbitan dua buku. Helen menikah dengan Alfred Free pada tahun 1947 dan mereka memiliki enam anak. Albert Free wafat pada Mei 2001.