.

Rabu, 27 Juni 2012

Walter Norman Haworth


Walter Norman Haworth, Penggagas Nama Asam Askorbat

Ditulis oleh Irwan Nugraha pada 29-06-2008
Walter Norman Haworth dilahirkan di Chorley, Lancashire, Inggris pada tanggal 19 Maret 1883. Dia mengikuti sekolah lokal sampai usianya mencapai empat belas tahun dan bergabung dengan ayahnya, Thomas Haworth, untuk mempelajari desain dan pembuatan linoleum.
Ketertarikannya pada kimia diakibatkan karena dia menggunakan zat warna pada pekerjaannya. Beberapa pelatihan dia ikuti agar lulus ujian masuk University of Manchester, dan pada 1913, dia masuk Jurusan Kimia sebagai murid W.H. Perkin, Jr. Dia lulus dengan mendapatkan penghargaan tingkat pertama pada 1906. Setelah melakukan riset selama 3 tahun, dia pergi ke University of Gottingen di Jerman. Pada 1910, dia memperoleh gelar D.Sc. dan kembali ke Manchester yang memberinya gelar D.Sc yang lain pada tahun 1911. Pada tahun 1911, Haworth diangkat sebagai demonstrator di Imperial Colege, London dan pada 1912 dia pergi ke St. Andrews University, St. Andrews, Scotlandia sebagai staf pengajar kimia. Pada 1920, dia dipanggil oleh Ketua Bidang Kimia University of Durham dan beberapa tahun kemudian menggantikan Phillips Bedson sebagai direktur. Dia diangkat menjadi profesor dan Direktur Departemen Kimia di University of Birmingham pada tahun 1925 dan dia memegang jabatan ini sampai masa pensiun pada tahun 1948, menjadi dekan fakultas sains dan memangku jabatan wakil kepala dalam kurun waktu 1947-1948. Dia terus aktif setelah pensiun, dia menajdi dewan pengurus dan komite serta mewakili Royal Society pada Seventh Pacific Science Congress di Selandia Baru pada Pebruari 1949.
Sebagian besar riset yang dilakukannya bergerak di bidang kajian struktur gula. Dia menemukan dan menyusun bentuk molekul gula dalam bentuk cincin. Bentuk cincin menghasilkan struktur molekul yang lebih akurat dan lebih berguna dalam menjelaskan reaksi kimia yang melibatkan gula dibandingkan dengan bentuk atom karbon pada bentuk garis lurus. Haworth juga mengkaji vitamin C dan pertama kali mensintesisnya pada 1934. Dia mengusulkan nama asam askorbat, nama yang sekarang lebih dikenal luas. Dia dianugerahi Nobel Prize di bidang kimia pada 1937 untuk penelitiannya mengenai karbohidrat dan vitamin C.
Dia berbagi Nobel Prize dengan Paul Karrer yang meneliti karotenoid, flavin dan vitamin A dan B2. Haworth memperoleh gelar bangsawan pada tahun 1947. Dia meninggal pada 19 Maret 1950.