.

Rabu, 27 Juni 2012

Lloyd Augustus Hall


Lloyd Augustus Hall, sang pionir kimia pangan

Ditulis oleh Diah FI pada 31-05-2009
lloyd-augustus-hallLloyd Augustus Hall adalah seorang pionir dalam kimia pangan. Selama karirnya, ia telah membuat kontribusi yang nyata dalam mengawetkan daging dan pengawetan makanan dan mendapatkan lebih dari 100 hak paten.
Hall dilahirkan pada tanggal 20 Juni 1894 di Elgin, Illinois. Kedua orangtuanya dilahirkan di daerah Chicago. Selama akhir tahun 1830 dan menuju 1840, kakek dari ayahnya adalah seorang pendiri dan pastur Gereja A.M.E. kapel Quinn , yang merupakan gereja Afrika Amerika pertama di Chicago. Pada waktu yang sama, nenek dari ibunya datang ke Chicago dengan kereta bawah tanah.
Ketertarikan Hall dalam kimia telah dimulai ketika menjadi murid SMU East Side di Aurora, Illinois. Setelah lulus, ia pergi ke Universitas Northwestern di mana ia mengambil jurusan kimia. Sesaat selah mendapat gelar B.S. pada tahun 1914 dan gelar master pada tahun 1916, ia menetap sebagai ahli kimia di Departemen Laboratorium Kesehatan Chicago. Ia memegang beberapa jabatan hingga tahun 1921, ketika ia menjadi ketua ahli kimia di Laboratorium Kimia Boyer. Selama masa transisi, Hall telah mengembangkan minatnya dalam kimia pangan. Pada tahun 1922, ia ditunjuk sebagai presiden dan direktur kimia firma konsultan Chemical Products Corporation.
Melalui proyek timbal balik dengan Laboratorium Griffith, Hall terhubung kembali dengan kolega Northwestern, Carrol L. Griffith, yang menawarkan Hall sebuah jabatan yang mana ia bisa bekerja untuk Laboratorium Griffith seperti terjaganya bisnis konsultannya. Hall, pada tahun 1925, ditunjuk sebagai ketua ahli kimia dan direktur penelitian di Griffith Laboratorium, sebuah jabatan yang ia pegang hingga pensiun pada tahun 1959.
Salah satu kontribusi Hall yang sangat penting adalah pengembangan metode “pengeringan kilat” untuk persiapan campuran padat yang terdiri dari natrium nitrit, natrium nitrat dan natrium klorida digunakan untuk pengawetan makanan dan daging. Campuran yang diperoleh melalui proses ini, yang terdiri dari kristal  natrium klorida di sekitar kristal natrium nitrat dan nitrit. Hal ini membuat natrium klorida, yang mengawetkan daging, yang pertama masuk ke dalam daging, diikuti natrium nitrit dan natrium nitrat yang mengawetkan daging. Hal ini secara dramatis meningkatkan lamanya waktu kadaluarsa.
Hall juga mengembangkan metode untuk mencegah ketengikan pada lemak dan minyak dan mensterikan bumbu-bumbu. Metode ini danggap sebagai metode sterilisasi yang efektif dan berguna dalam industri lainnya. Ia juga melakukan studi enzim, vitamin, dan makanan fermentasi.
Salah satu anggota pendiri Institut Teknologi Pangan, Hall mempresentasikan dan dipublikasikan. Selama masa karirnya, Hall adalah seorang konsultan untuk beberapa negara bagian, organisasi nasional dan internasional, seperti Komisi Pangan Negara Illinois, Komite Departemen War pada Penelitian Pangan, dan Pangan Negara Amerika Serikat dan Dewan Komunitas Konservasi Hyde Park-Kenwood, yang merupakan proyek pembaharuan urban ertama di Chicago.
Hall menikahi Myrrhene E. Newsome pada tahun 1919. Mereka memiliki dua anak, Dorothy dan Kenneth. Lloyd Augustus Hall wafat pada tanggal 2 Januari 1971 di Pasadena, Kalifornia, di mana ia dan istrinya tinggal setelh pensiun dari Laboratorium Griffith.