.

Rabu, 27 Juni 2012

Mary Lowe Good


Mary Lowe Good, wanita pemimpin dalam industri kimia

Ditulis oleh Diah FI pada 05-07-2009
mary-lowe-goodDr. Mary Lowe Good memiliki berbagai pencapaian yang patut dicatat, tak hanya ahli kimia anorganik, tapi juga sebagai pemimpin dalam industri kimia, di organisasi Himpunan Kimia Amerika, dan dalam pemerintah nasional.
Dilahirkan pada tanggal 20 Juni 1931 di Grapevine, Texas, Mary Lowe adalah anak tertua dari empat bersaudara, anak dari Winnie dan John Lowe, yang keduanya adalah pengajar sekolah negeri. Selanjutnya keluarganya pindah ke Arkansas di mana Lowe menyelesaikan pendidikan prakuliahnya. Ia memulai studi sarjananya pada tahun 194 dengan jurusan ekonomi rumah di Universitas yang sekarang dikenal sebagai Universitas Arkansas Tengah. Setelah kursus kimia pertamanya selesai, ia berbalik ke kimia. Pada tahun 1950, Lowe lulus dengan dengan gelar B.S. dalam kimia dan pelajaran tambahanmatematika dan fisika. Pada tahun berikutnya ia pergi ke Universitas Arkansas, Fayetteville, untuk melanjutkan studi dalam bidang kimia anorganik dan radiokimia. Ia mendapatkan gelar M.S. nya pada tahun 1953 dan gelar doktornya pada tahun 1955. Hasil tesisnya melibatkan penggunaan zat penjejak untuk menetapkan distribusi konsentrasi iod yang rendah dalam media larutan dan non larutan. Pembimbingnya adalah Dr. Raymond Edwards.
Mary Lowe menikah dengan Billy J. Good pada tahun 1952, ketika mereka sama-sama murid pascasarjana. Mereka memiliki dua anak dan beberapa cucu.
Mary L. Good memulai karir profesional sebagai dosen kimia di Universitas Negara Louisiana, Baton Rouge. Pada tahun 1958, ia ditawarkan jabatan sebagai profesor rekanan di Universitas Louisiana, New Orrleans.  Kampus ini baru dirintis, dan ia membantu merencanakan kurikulum kimia dan sains. Ia kemudian dipromosikan menjadi profesor  dan pada tahun 1974 terpilih sebagai guru besar kimia Boyd. Selama periode ini, penelitiannya terfokus pada spektroskopi Mossbauer dan studi senyawa ruthenium dan potensialnya sebagai katalis. Ia juga mendapatkan dana pemerintah yang sangat penting untuk mendukung penelitiannya.
Pada tahun 1980, Good bergabung dengan perusahaan produk oli Universal di Des Plaines, Illinois sebagai wakil direktur dan direktur penelitian. Ia mengawasi penelitian katalis. Setelah beberapa kali penggabungan perusahaan, ia menjadi senior wakil direktur untuk tekhnologi di Allied-Signal, Inc. di Morristown, new Jersey.
Mary L. Good telah menerima banyak penghargaan, termasuk penghargaan Agnes Fay Morgan dari Iota Sigma Pi pada tahun 1969, Medali Garvan dari Himpunan Kimia Amerika (ACS) pada tahun 1973, dinamakan Ahli Sains Tahun ini oleh majalah Penelitian dan Pengembangan Industri, dan pada tahun 1997, mendapat medali Priestley dari ACS. Pada tahun 190 dan 1986, Good ditunjuk untuk bergabung dengan National Science Board yang prestisius,di mana ia menjabat ketua periode 1988-1991. Ia adalah direktur ACS pada tahun 1987. Presiden Bush menunjuk Good sebagai Dewan  Penasehat Presiden di bidang Sains dan Tekhnologi pada tahun 1991. Pada tahun 1993, President Clinton menunjuknya sebagai sekretaris untuk tekhnologi  di Departemen Perdagangan Amerika Serikat. Pada tahun 2000, Mary L. Good menjadi presiden Asosiasi  Kemajuan Sains Amerika (American Association for the Advancement of Science)