.

Rabu, 27 Juni 2012

Katharine Burr Blodgett


Katharine Burr Blodgett, industriawati pertama peraih Medali Garvan

Ditulis oleh Diah FI pada 24-05-2009
katharine-burr-blodgettKatharine Burr Blodgett dilahirkan pada tanggal 10 Januari 1898, di Schenectady, New York. Ayahnya telah menjadi kepala tetap departemen di perusahaan General Electric (G.E) ketika ia wafat tahun 1897, sesaat setelah Katharine dilahirkan. Katharine pun akhirnya bekerja di G.E sebagai ahli sains peneliti, wanita pertama yang menjabat posisi tersebut.
Setelah kematian ayahnya, keluarganya pindah ke kota New York di Perancis. Lalu kembali ke New York pada tahun 1912. Katharine memenangkan beasiswa  akademik di kampus Bryn Mawr pada tahun 1913. Menjelang akhir pendidikan di Bryn Mawr, Katharine mengunjungi G.E dan bertemu Irving Langmuir, yang pernah bekerja dengan ayahnya. Langmuir memberinya semangat untuk melanjutkan kuliah sebelum melamar Di G.E. Pada tahun 1917, Katharine masuk ke Universitas Chicago dan mulai bekerja dengan Harvey B. Lemon dalam penyerapan gas oleh batubara. Penelitian ini dipublikasikan setelah perang dan saat yang sama, Katharine dipekerjakan di G.E sebagai ahli sains peneliti, di mana ia mulai jalinan kerja sama yang cukup lama dengan Irving Langmuir, dan hanya keluar untuk gelar Ph.D. Setelah ia bekerja dengan Langmuir selama enam tahun, Langmuir menyuruhnya segera pergi ke Universitas Cambridge di mana ia bekerja untuk Pemenang Nobel Sir Ernest Rutherford. Hal ini patut diacungi jempol karena ia adalah satu-satunya pengajar hasil tesis doktoral yang dipublikasikannya. Katharine adalah wanita pertama yang mendapatkan gelar Ph.D. dalam bidang fisika dari Universitas Cambridge.
Blodgett kembali ke G.E., melanjutkan kolaborasinya dengan Langmuir dan bekerja dengan dalam berbagai proyek yang berbeda, termasuk proyek mengenai lapisan tipis. Ia pun segera menjadi ahli dalam lapisan tipis dengan hak paten yang dimilikinya sendiri. Pada tahun 1938, ia menemukan kaca nonrefleksi dengan membuat lapisan tebal molekul-44 pada lapisan kaca. Tak lama kemudian, ia mengembangkan alat untuk mengukur kebalan lapisan tipis ini. Ia memperoleh enam hak paten Amerika Serikat untuk pekerjaannya. Karena banyaknya kontribusi mereka pada sains dan tekhnologi lapisan tipis, maka terapan ini dikenal sebagai teknologi Langmuir-Blodgett.
Blodgett diberi penghargaan untuk pekerjaannya dalam banyak cara-seperti gelar doktor kehormatan sains dari Unversitas Elmira, Universitas Brown, Universitas Western, dan kampus Russell Sage. Pada tahun 1951, ia adalah peneliti industri pertama yang mendapat Medali Garvan. Pada tahun yang sama, Schenectady memberinya Hari Katharine Blodgett karena kontribusinya pada ilmu pengetahuan. Sayangnya, ia tidak dimasukkan dalam sejarah G.E. yang dipublikasikan pada tahun 1953.
Katharine Blurr Blodgett berhenti dari G.E ada tahun 1963, dan ia wafat pada 12 Oktober 1979 di Schenectady.