.

Rabu, 27 Juni 2012

Claude Bernard


Claude Bernard, Ilmuwan Besar Perancis Pencetus Homeostatis

Ditulis oleh Irwan Nugraha pada 27-12-2007
Claude Bernard dilahirkan pada tanggal 12 Juli 1813 di Saint-Julien, dekat Villefranche di Beaujolais, Perancis. Dia memulai pendidikannya di Jesuit College di Villefranche. Pada usia 19 tahun, dia magang pada seorang ahli obat di Lyon. Selama tinggal Lyon, bakat sastra yang dimilikinya menjadikannya untuk menulis sebuah naskah komedi, "La Rose du Rhone", yang diperankannya di panggung. Terdorong oleh sambutan yang bagus mengenai pementasan komedinya, kemudian dia menulis drama lima babak, "Arthur de Bretagne". Pada tahun 1834, dia menyerahkan naskahnya itu pada Saint Marc Girardin, yang lebih dikenal sebagai kritikus, dan dia-lah yang menasehati Claude Bernard untuk mempelajari obat-obatan sebagai sesuatu hal yang pasti sebagai mata pencahariannya dibandingkan dengan sastra. Dia memutuskan untuk mempelajari obat-obatan dan berjuang untuk mengikuti sekolah medis, yang hampir saja tidak bisa memenuhi berbagai persyaratannya sampai akhirnya memperoleh gelar di bidang medis pada tahun 1843. Disertasi doktoralnya mengenai fungsi getah lambung pada nutrisi. Alih-alih menjadi seorang dokter, dia manjadi preparateur atau asisten dosen ahli fisiologi terkenal, Francois Magendie, dari Magandie inilah dia belajar mengenai dasar-dasar percobaan obat-obatan. Dia kemudian menjadi ahli pada pembedahan hewal kecil dan menghasilkan penyelidikan eksperimental yang sistematik mengenai proses fisiologis, yang dimulainya dengan mempelajari sistem pencernaan. Pada tahun 1847, dia ditunjuk sebagai wakil Magandie, dan enam tahun kemudian, dia menggantikan Magandie sebagai profesor di College de France. Pada tahun 1862, kesehatannya menurun, dan baru sembuh total.delapan tahun kemudian Pada tahun terakhirnya, dia berkenalan dengan Napoleon III yang sangat menganguminya dan mendirikan dua laboratorium yang sangat lengkap untuknya: satu di Sorbonne dan yang lainnya di Musee d’Histoire Naturelle. Pada tahun 1867, kerajaan menjadikannya anggota Senat, dan pada tahun 1868, dia diakui oleh Acad?mie des Sciences.
Penelitian penting pertamanya adalah mempelajari tentang pankreas dan fungsinya. Dia menjelaskan peran pankreas pada pencernaan lemak. Seperti yang diyakini oleh ahli biologi bahwa binatang, tidak seperti tumbuhan, tidak dapat membuat senyawa kompleks dengan sendirinya tetapi hanya menggunakan hasil yang dihasilkan oleh tumbuhan seperti karbohidrat, protein dan yang lainnya. Dia menindaklanjuti berbagai transformasi bahan-bahan makanan yang terdapat pada organisme hewan dengan memulainya mempelajari karbohidrat, dan dia menemukan bahwa gula dapat terbentuk di hati. Dia mengisolasi substansi dari jaringan hati yang bukan merupakan suatu gula, kemudian di konversi melalui fermentasi menjadi dekstrosa. Dia menyebutnya ”glikogen”. Dia juga menemukan urat syaraf yang mengontrol suplai darah ke berbagai organ. Dialah salah satu kontributor yang paling besar pada bidang fisiologi yang memberikan idenya bahwa kehidupan tergantung pada lingkungan internal yang konstan (homeostatis).
Dia merupakan penulis sains klasik, Introduction to the Study of Experimental Medicine yang dipublikasikan pada tahun 1865.
Pada tahun 1867, dia memegang komando the Legion d’Honneur dan manjadi anggota theAcademie de France pada tangal 27 Mei 1869 dan menjadi presidennya pada tahun 1869. Dia juga terpilih menjadi presiden the Societe de biologie pada tahun 1867 dan ditunjuk sebagai senator Kerajaan pada 6 Mei 1869.
Dia dianggap sebagai penemu experimental physiology dan experimental pharmacology.
Dia menjalani kehidupan pernikahan yang bahagia bersama Marie-Fran?oise (Fanny) Martin, putri seorang dokter di Paris. Putera pertama mereka, seorang aanak laki-laki, yang dilahirkan pada tahun 1846, nyawanya tidak terselamatkan; sedangkan putri mereka, Tony, dilahirkan pada tahun 1847.
Claude Bernard meninggal pada 10 Februari 1878.