.

Rabu, 27 Juni 2012

Mary Peters Fieser


Mary Peters Fieser, pengabdian abadi untuk pengembangan Kimia Organik

Ditulis oleh Diah FI pada 21-06-2009
mary-peters-fieserAhli kimia organik Mary Peters Fieser dilahirkan tahun 1909 di Atchison, Kansas. Ayahnya, Robert Peters adalah seorang profesor bahasa Inggris di Univeritas Midland. Keluarganya kemudian pindah ke Harrisburg, Pensilvania ketika sang ayah menerima jabatan di universitas yang sekarang dikenal sebagai Universitas Carnegie-Mellon. Mary tumbuh dalam lingkungan membaca dan belajar, seperti pelayanan publik, yang menjadi normanya.Ia dan kakaknya Ruth lulus dari SMU putri swasta yang mempersiapkan mereka dengan baik untuk meraih sarjana B.A dari Byrn Mawr. Kakak Mary mendapat Ph.D. dalam bidang matematika dan menjadi profesor matematika universitas.
Louis Fieser, suami Mary, adalah seorang profesor kimia di Bryn Mawr. Ia mengambil semua kelas kimianya dari sang suami dan Louis pun menjadi pembimbingnya. Mary lulus dari bryn Mawr pada tahun 1930 dengan gelar B.A di bidang kimia. Louis Fieser meninggalkan Bryn Mawr pada tahun yang sama untuk bergabung dengan fakultas di Universitas Harvard. Mary juga memutuskan untuk pergi ke Harvard untuk mengejar gelar lanjutan di kimia. Ia melaksanakan sebuah penellitian paruh waktu di laboratorium Louis dan juga mengambil les tambahan. Mary secara resmi mendaftarkan diri di kampus Radcliffe terdekat untuk mengambil kursus kimia di Harvard. Meski  kemudian ia tidak diizinkan di laboratorium bersama dengan mahasiswa laki-laki, tapi lebih baik melaksanakan percobaan (tanpa pengawasan) di lantai dasar berpasir di gedung sebelah. Ia mendapat gelar M.A. dalam bidang kimia tahun 1936 dari Radcliffe. Ia pun memutuskan untuk mengejar Ph.D. kimia.
Mary dan Louis Fieser menikah pada tahun 1932. Mereka bekerja sama dalam meneliti kimia kuinon dan steroid. Mereka mengembangkan prosedur sintetik untuk pembuatan vitamin K, kortison, dan senyawa antimalaria, lapinone. Sebagai tambahan dari kerja sama ini, pada tahun 1944 Mary dan Louis mempublikasikan buku teks Kimia Organik pertama mereka yang telah disusun selama 2 tahun. Buku teks ini sangat sukses karena orisinalitasnya dalam presentasi seperti kandungan dan penulisan isi buku yang sama baiknya. Buku ini telah dicetak dalam beberapa edisi, yang setiap saat selalu diperbaharui. Mary dan Louis menulis beberapa buku teks lainnya. Pada tahun 1967, mereka mulai mempublikasikan Pereaksi untuk Sintesis Organik dan dihasilkan dalam tujuh volume sebelum Louis wafat pada tahun 1977. Mary terus mempublikasikan buku ini, terkadang dengan beberapa rekanan. Sebagai tambahan, suami istri Fieser mempublikasikan Petunjuk Model untuk Ahli Kimia (Style Guide for Chemists) pada tahun 1959.
Universitas Harvard tidak pernah memberikan gaji kepada Mary Fieser. Meski demikian, ia dianugerahi gelar Rekan Penelitian Kimia di Harvad sekitar 29 tahun setelah ia bekerja di sana.
Untuk kontribusinya dibidang kimia dan pendidikan kimia, Mary Fieser dianugerahi Medali Garvan pada tahun 1971. Pada tahun 1996, Mary Fieser mendedikasikan laboratorium Louis dan Mary Fieser untuk mahasiswa kimia organik di Universitas Harvard.
Mary Fieser wafat pada tanggal 22 Maret 1997 di Belmon, Massachusetts.