.

Selasa, 26 Juni 2012

Rachel Abby Holloway Lloyd


Rachel Abby Holloway Lloyd, wanita Amerika pertama yang mendapat gelar Ph.D

Ditulis oleh Diah FI pada 04-10-2009
universitas-nebraskaTampaknya Rachel Abby Holloway Lloyd adalah wanita Amerika pertama yang mendapat gelar Ph.D. dalam bidang kimia. Pada awal karir profesionalnya, ia mempelajari dan melakukan penelitian selama enam musim panas (1876-1884) di sekolah musim panas Universitas Harvard. Ia tidak pernah menerima gelar prasarjana; namun, dari hasil penelitiannya di Harvard, ia mempublikasikan tiga artikel di Jurnal Kimia Amerika pada tahun 1881, 1882, dan 1884.
Terlahir di Flushing, Ohio pada tanggal 26 Januari 1839 dari Robert S. Holloway dan Abby Taber Holloway. Rachel Abby Holloway; adalah satu dari kembar empat yang bertahan hingga dewasa. Kedua orangtuanya wafat sebelum ia berusia 12 tahun; ibu tirinya membesarkannya setelah itu. Pda tahun 1859, ia menikah dengan seorang ahli kimia, Franklin Lloyd, yang tinggal dan bekerja di Philadelphia. Ketika ketiga anaknya belum dewasa secara hukum, Franklin Lloyd wafat pada tahun 1865.
Rachel A. Lloyd  memegang beragam jabatan mengajar hingga tahun 1885 ketika ia memulai penelitiannya di Universitas Zurich, Swiss, satu-satunya universitas pada saat itu yang memberi gelar doktor kepada wanita. Ia meneliti dengan V. Merz, meneliti tentang konversi fenol pada suhu tinggi menjadi amina aromatik. Ia mendapatkan gelar Ph.D. pada tahun 1887.
Kembali ke Amerika Serikat, Rachel Abby Holloway Lloyd mulai bekerja pada tanggal 1 Juli 1887, baik sebagai profesor rekanan kimia analisis di Universitas Nebraska dan sebagai ahli kimia asisten di Pusat Percobaan Agrikultur Nebraska. Karena di sana hanya ada dua anggota fakultas di departemen kimia, ia memegang jadwal mengajar yang padat. Rachel Lloyd adalah guru yang memberi inspirasi, terutama untuk wanita.
Penelitian Rachel Abby Holloway Lloyd terfokus pada kelangsungan hasil gula bit di  Nebraska. Ia dan koleganya, H.H. Nicholson, melakukan studi menyeluruh, termasuk analisis gula bit pada massa jenisnya, padatan total, kandungan sukrosa total, dan kandungan gula glukosanya, dan koefisien kemurnian. Berdasarkan hasil penelitian ini, tiga pabrik gula dibangun di Nebraska. Lloyd dan Nicholson melanjutkan penelitian dan mempublikasikan 12 bulletin dalam Sugar Beet Series; penelitian mereka dipuji sebagai proyek penelitian ilmiah pertama di Mississippi. Rachel Lloyd melanjutkan penelitian hingga tahun 1891; ia berhenti mengajar pada tahun 1884.
Setelah pensiun, Rachel Lloyd kembali ke Philadelphia di mana keluarganya tinggal. Ia wafat di Beverly, New Jersey pada tanggal 7 Maret 1900.